Tak terasa kita semua sudah berada dipenghujung Ramadhan. Padahal rasanya baru kemarin saja menyambut bulan mubarok ini. Seperti kemarin saja para S3eriousers sibuk mempersiapkan acara buka puasa bersama dan kegiatan amal dibulan suci ini. Ehm…kini hampir saja kita meninggalkan bulan penuh barokah ini. Sedih hati, apakah akan bertemu kembali ditahun mendatang, hanya kepadaMu yaa Rabb hambaMu memohon, panjangkan umur agar dapat bertemu kembali. Amin ya Rabbal Alamin.

Dan sekarang, hari kemenangan telah diujung mata. Dan seperti kebiasaan masyarakat negeri ini, ritual mudik menjamur seantero pelosok negeri. Aura suasana pulang kampung massal untuk bersilaturahmi sesama keluarga merebak. Membahana dimana2 dan sesaat berita media berbondong2 mengabarkan tentang mudik, the miracle of trip in Indonesia. Sungguh sebuah negeri yang unik! 🙂

Pun demi bertemu sanak keluarga, sungkem kepada orang tua. Berkilo2 jarak yg memisahkan ditempuh. Dengan menggunakan beragam angkutan, darat, laut dan udara. Bahkan roda dua, belakangan ini mendominasi dalam pelaksanaan mudik. Ahh, sungguh suatu peristiwa yang membanggakan namun disuatu sisi ironis. Karena demi bersua keluarga, terkadang aturan keselamatan berlalu lintas diabaikan pemudik. Angka kecelakaan bagi mereka yang mudik dengan menggunakan sepeda motor sungguh fantastis. Menyedihkan. Karena suasana lebaran yang fitri semestinya diisi dengan riang gembira, terkadang berujung pilu.

Begitupun S3rious, mulai kemarin sudah ribut melulu membahas, ngobrol tentang mudik. Segala tetek bengek, persiapan mudik dibahas. Mulai dari kenyamanan di jalan, servis sebelum mudik dan kelengkapan mudik lainnya. Dan satu persatu S3riouspun meninggalkan kota, beranjak menuju tempat tinggal sanak saudara untuk merayakan lebaran bersama. Doa kita semua menyertaimu didalam perjalanan dan setelahnya dapat kembali lagi ketempat semula dengan selamat dan sentosa.

Aahh..khirnya. Tiada kata yang paling pantas diucapkan dipenghujung Ramadhan ini selain ucapan Taqoobballahu minna wa minkum, taqobbal yaa karim. Minal Aidin wal Faidzin, mohon maaf lahir dan bathin. Insyaalloh Ramadhan tahun ini membawa kita menjadi insan yang fitri kelak. Selamat berlebaran, selamat berhari raya! Salam tettoot..!!!! 🙂

Mereka yang mudik :